Fungsi lain dari antiseptik selain digunakan untuk mandi

Antiseptik cair adalah sebuah produk pembunuh kuman yang sangat bermanfaat. Selain yang telah banyak orang gunakan agar bisa menjaga kebersihan pada tubuh, cairan antiseptik juga dapat berguna dalam membersihkan sekitar lingkungan rumah bahkan untuk tujuan medis. Namun, apa saja fungsi lain dari antiseptik cari selain digunakan untuk mandi?

Antiseptik merupakan salah satu jenis disinfektan yang berfungsi untuk menghambat dan membunuh perkembangan kuman di dalam jaringan hidup. Antiseptik juga diketahui dengan nama disinfektan kulit. Seperti yang dikutip dari WHO atau Organisasi kesehatan dunia bahwa penggunaan dari antiseptik biasanya tidak akan berbahaya bagi kesehatan jaringan tubuh dan kulit.

Namun, antiseptik sendiri memanglah tidak sama dengan disinfektan. Meskipun mempunyai fungsi yang sama sama melawan kuman, pada penggunaan disinfektan hanya bisa di atas permukaan benda sebab mempunyai kandungan biosida didalam disinfektan. Hal tersebut tidak ditujukan bagi kulit, sebab kandungan biosida yang ada di disinfektan akan lebih tinggi dibandingkan dengan cairan antiseptik.

Sebagai salah satu larutan yang aman digunakan pada tubuh dan juga bisa digunakan pada permukaan benda mati, berikut ini masih ada banyak manfaat dari cairan antiseptik pada kehidupan keseharian anda.

1. Dapat sembuhkan luka ringan dengan cepat

Seperti yang dilansir dari Dermnet NZ, bahwa penggunaan antiseptik carian bisa obati luka atau luka bakar yang ringan yang terinfeksi. Sehingga dapat digunakan untuk kulit yang terlukan disebabkan oleh luka bakar, sengatan atau gigitan serangga, dan juga lecet.

Fungsi dari antiseptik cair bisa meminimkan risiko infeksi dengan cara musnahkan oraganisme ataupun mencegah masukkan pada bagian yang telah terluka. Kalian juga perlu pastikan bahwa antiseptik yang digunakan harus sesuai dengan petunjuk penggunaannya.

2. Dapat digunakan untuk membersihkan lantai

Cairan antiseptik sudah terbukti bahwa sangat efektif untuk melawan kuman. Sebelum digunakan, kalian perlu untuk perhatikan dari petunjuk penggunaannya agar bisa pastikan fungsi dari antiseptik cair kalian. Serta pastikan produk yang kalian gunakan sesuai dengan tujuan dari pemakaian tersebut. Sebaiknya larutan antiseptik digunakan pada bagian luar tubuh saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *