Tips Andalan Agar Smartphone Tidak Mudah Rusak, Auto Tahan Lama Bro

Memasuki zaman modern seperti sekarang, banyak manusia yang cenderung tidak dapat lepas dari penggunaan smartphone yang dimilikinya. saat menggunakan smartphone miliknya, manusia dapat melakukan banyak aktivitas, seperti saja misalnya komunikasi, akses informasi, juga sekadar akses pada media sosial.

Pada banyaknya kegiatan yang dapat di lakukan melalui smartphone tersebut, maka akan sangat mengganggu apabila suatu saat smartphone tersebut mengalami kerusakan dengan tiba-tiba. Supaya smartphone dapat bertahan dalam waktu yang lebih lama dan awet, berikut ini tips yang dapat diterapkan agar smartphone tersebut tidak mudah rusak.

Memasang casing juga pelindung layar

Saat memasang casing pada smartphone, dapat membantu mengurangi resiko kerusakan ketika smartphone terjatuh tiba-tiba saja. Sama halnya juga saat memasang layar pelindung maka akan dapat melindungi layar smartphone dari sebuah goresan juga keretakan ketika terjatuh tanpa disadari.

Tidak mengisi daya hingga 100 persen

Supaya baterai smartphone bisa bertahan lebih lama dan awet, hindari  saat mengisi daya sampai 100 %. Kenapa? Secara umum baterai smartphone menggunakan bahan lithium ion / Li-on, dan kapasitasnya dapat menurun apabila mendapatkan tegangan yang lebih tinggi saat mengecas baterai.

Tidak hanya itu saja, apabila lapisan lithium metalik baterai selalu mendapat arus listrik saat pengecasan, dapat membuat baterai smartphone menjadi tidak stabil atau naik turun. Ada lagi yang lebih parah, dapat membuat baterai smartphone jadi menggembung juga bahkan bisa meledak apabila dibiarkan dalam waktu lama saat pengecasan.

Untuk itu sebaiknya isi baterai smartphone ketika  kondisi daya 30 sampai 80 persen saja, supaya voltase pada baterai smartphone tetap rendah dan tidak terlalu tinggi. Hal tersebut dapat membuat baterai smartphone akan lebih awet dan tahan lama.

Menggunakan antivirus

Penyebab salah satu faktor kerusakan pada smartphone yaitu banyaknya virus dan pada umumnya berasal dari aplikasi yang digunakan, pesan teks, juga lampiran email pada smartphone. Dengan adanya hal tersebut sebaiknya gunakan antivirus agar mencegah masuknya virus jahat di smartphone yang ada. Dapat dengan rutin menggunakannya paling tiga hari sekali agar mencegah virus masuk pada smartphone tersebut.

Matikan smartphone saat tidak digunakan

Smartphone juga membutuhkan istirahat, sama halnya seperti manusia. Apabila menyala terus hanya dapat membuat baterainya jadi lebih cepat rusak. jika mematikan smartphone saat tidak dipakai, dapat membantu mendinginkan komponen penting yang ada di smartphone, misalnya RAM atau prosesor pada smartphone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *