Mulailah Menjaga Kesehatan Tulang Dan Sendi Anda

Sendi di tubuh kita merupakan penghubung antara 2 tulang yang memungkinkan anda untuk menekukkan lutut dan siku, menengok kiri kanan, membungkuk, berjalan, dll.

Banyak kegiatan sehari hari kita yang membuat sendi kita  tetap terpakai. Nah untuk itu sangatlah penting agar tetap menjaga kesehatan sendi kita agar tetap bisa berfungsi baik sampai anda tua nanti.

Disetiap sendi pastinya terdapat kartilago (tulang rawan) dengan cairan sinovium yang fungsinya sebagai pelumas antar tulang tidak bergesekan satu sama lain. Jika usia semakin tua pun, pelumas ini akan semakin menipis hingga tulang anda pun akan bergesekkan dan dapat membuat rusaknya sendi anda.  Dan jika dibiarkan dapat memicu terjadinya radang sendi.

Ada beberapa cara yang tepat untuk menjaga persendian anda agar tidak cepat rusak. Berikut beberapa tips yang akan kami bagikan :

1. Menjaga Berat Badan

Obesitas dapat membuat sendi sendi di area lutut, punggung, dan pinggul cepat rusak. Hal itu dikarenakan mereka menahan beban yang terlalu berlebihan sehingga menjadi lebih cepat rusak. Maka dari itu mulailah menjaga berat badan anda agar selalu ideal.

2. Duduk Terlalu Lama

Jika anda sering duduk terlalu lama baik menonton, berkendara, ataupun mengetik dapat juga meningkatkan resiko terjadinya gangguan persendian. Semakin banyak anda bergerak maka sendi anda juga akan semakin bagus dan lentur. Bila anda mendapatkan pekerjaan yang mengharuskan anda duduk selama berjam-jam maka lalukanlah beberapa peregangan setiap 15 menit agar sendi sendi di tubuh anda tidak cepat rusak.

2. Konsumsi Makanan Bergizi

Setelah menjaganya secara fisik, sekarang anda harus menjaga sendi anda dari dalam tubuh yaitu mengkonsumsi banyak makanan yang memiliki kalsium, vitamin C, protein, vitamin D, omega-3, dan antioksidan. Semua itu dapat membantu anda menjaga sendi sendi anda agar tetap sehat.

3. Olahraga Teratur

Dengan berolahraga secara teratur, maka bisa dipastikan sendi sendi akan tetap sehat dan terjaga. Karena jika anda berolahraga anda dapat melatih kekuatan otot sendi anda juga, sehingga tidak mudah rusak. Apabila bagi anda yang sering mengalami nyeri sendi janganlah olahraga yang terlalu berat karena dapat membuatnya semakin rusak. Lakukanlah olahraga ringan seperti berenang, bersepeda, ataupun jalan kaki.

Itulah Beberapa tips yang kami bagikan untuk anda agar sendi anda tetap bisa sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *