16 Tahun Mengaspal, Begini Transformasi Toyota Avanza

Siapa  tidak mengenal Toyota Avanza  Mobil LMPV yang satu ini sangat populer juga menjadi mobil terlaris di kelasnya. Sekarang Avanza telah berusia 16 tahun juga hebatnya keunggulan mobil satu ini belum juga meredup.

16 Tahun Mengaspal, Begini Transformasi Toyota Avanza
16 Tahun Mengaspal, Begini Transformasi Toyota Avanza

Terhitung sejak tahun 2003, Toyota sudah mengeluarkan tiga generasi dari Avanza. Generasi pertama 2003 – 2011, generasi kedua 2011 – 2015, juga generasi ketiga 2015 sampai sekarang. Kemudian bagaimanakah transformasi Avanza dari generasi ke generasi tersebut.

Generasi pertama Avanza diperkenalkan dalam dua tipe, yaitu 1.3 E juga 1.3 G memiliki transmisi manual 5-speed juga hanya dijual pada satu pilihan mesin, 1,3 liter juga satu jenis transmisi manual. Fitur yang ditawarkan pada generasi pertama tersebut juga masih sangat minim. Setahun berikutnya untuk tipe tertinggi Avanza tersebut mendapat tambahan varian baru menggunakan trasmisi otomatis 4-speed.

Tahun 2006, Toyota kembali melakukan perubahan pada Avanza. Toyota menyematkan teknologi VVT-I (Variable Valve Timing Intelligence) pada Avanza. Varian baru Avanza 1.3 S juga diperkenalkan. Varian ini menjadi tipe tertinggi dengan tambahan body kit pada eksteriornya. Pada tipe ini juga telah disematkan fitur keselamatan ABS (Anti-lock Brake System).

Di akhir tahun yang sama, Avanza juga meluncurkan varian terbarunya, yaitu dengan pilihan mesin 1,5 liter VVT-I. Tahun 2009, varian terendah Avanza juga diberikan pilihan transmisi otomatis 4-speed.

Pada tahun 2011  Avanza generasi kedua keluar bersama banyak perubahan, meliputi tampilan interior juga eksteriornya. Generasi keduanya tersedia dalam 2 pilihan mesin, 1,3 liter juga 1,5 liter. Kedua pilihan itu ditawarkan pada pilihan transmisi manual 5-speed juga otomatis 4-speed.

Varian teratas pada generasi kedua juga diluncurkan dengan nama Veloz. Berbagai perubahan terlihat pada varian teratas Avanza ini. Mulai dari grille depan, bumper depan, hingga fitur yang terdapat di dalamnya.

Pada tahun 2013, Toyota kembali membuat penyegaran dengan meningkatkan  sebuah fitur keselamatan berkendara. Toyota memberikan fitur dual SRS Airbag juga  menyempurnakan level  Noise, Vibration dan Harshness (NVH).

Pada generasi ketiga ini, Toyota menyebutnya dengan New Grand Avanza dan New Avanza Veloz. Avanza generasi ketiga ini tampil lebih elegan dibanding generasi sebelumnya. Fitur hiburan juga ditingkatkan dengan head unit layar sentuh. Begitu juga bersama fitur penunjang saat berkendara seperti ECO indikator lamp juga lainnya.

Pada varian Veloz, Toyota menggunakan lampu utama model proyektor dan menjadikan Veloz satu-satunya small MPV di Indonesia yang menggunakan lampu ini. Untuk segi mesin, Grand Avanza dibekali dengan mesin baru berteknologi Dual VVT-I.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *